Blog

5 Cara Memperbaiki Bluetooth yang Tidak Bisa Diaktifkan di Android, Ternyata Mudah!

cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan

Saat ini penggunaan bluetooth menjadi sangat penting untuk menyambungkan beberapa device, atau aksesoris seperti TWS. Bluetooth yang tidak aktif akan mengganggu aktivitas penggunaan gadget. Berikut beberapa cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan atau crash.

Mungkin terdengar begitu sulit apabila menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan elektronik ataupun IT. Maka dari itu berikut akan dipaparkan beberapa tips dan trik agar bluetooth pada gadget dapat berfungsi dengan baik kembali. Simak penjelasannya:)

1. Memeriksa Setelan Dasar

Cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan pertama adalah dengan memeriksa setelan dasar pada bluetooth. Pastikan dengan baik bahwa bluetooth sudah aktif, jika memang tidak ditemukan. Selanjutnya non aktifkan terlebih dahulu, tunggu hingga beberapa saat

Setelah dinonaktifkan, dan menutup berbagai aplikasi yang masih terbuka. Coba aktifkan kembali bluetooth pada hp, dengan membuka pengaturan. Periksa dengan menyalakan bluetooth pada device atau aksesoris lainnya yang dihubungkannya dengan bluetooth. 

Jika sudah terhubung, maka bluetooth sudah dapat digunakan kembali. Jika tetap tidak aktif, maka simak penjelasan berikutnya.

2. Memastikan Jarak diantara Kedua Perangkat

Cara selanjutnya adalah dengan cara memastikan jarak yang ada, jika jarak diantara keduanya terlalu jauh maka tidak akan tersambung begitu saja. Jarak antara bluetooth perangkat yang akan disambungkan harus saling berdekatan. 

Maksimal jarak yang diberikan dalam menyambungkan bluetooth adalah satu meter, apabila lebih dari satu meter kemungkinan akan tidak tersambung. Bila diperlukan tidak ada jarak diantara keduanya, atau bersebelahan. 

3. Memulai Ulang Perangkat

Memulai ulang perangkat atau restart menjadi cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan selanjutnya. Restart atau mulai ulang adalah cara ampuh dalam segala permasalahan dari berbagai device

Hampir sama dengan cara yang pertama, nonaktifkan terlebih dahulu pengaturan bluetooth. Pastikan semua aplikasi sudah tertutup lewat jendela aplikasi, selanjutnya tekan lama tombol power dan pilih muat ulang atau restart.

Tunggu hingga beberapa waktu, sekitar lima menit sampai perangkat menghidupkan kembali sistemnya. Setelah itu jangan langsung digunakan dan mengaktifkan bluetooth, diamkan kembali hingga device benar-benar siap untuk digunakan dan bluetooth dapat digunakan kembali. 

4. Menghapus dan Menyambungkan Ulang Bluetooth yang Ada

Berikutnya dengan cara menghapus dan menyambungkan kembali bluetooth yang terdaftar dalam pengaturan. Dalam pengaturan bluetooth akan tertera beberapa bluetooth device atau aksesoris lainnya yang terdaftar di dalamnya, hapus semua perangkat bluetooth yang tertera di dalamnya.

Kemudian nonaktifkan pengaturan bluetooth pada android serta perangkat lainnya dan tunggu hingga beberapa waktu. Setelah itu hidupkan bluetooth yang ada pada android dan perangkat atau aksesoris lainnya, sambungkan kembali semua yang terdaftar dalam pengaturan. 

Dengan demikian dapat dipastikan bluetooth pada android dapat berjalan dengan lancar, dan dapat ter-connect kan dengan perangkat atau aksesoris lainya. 

5. Menghapus Cache pada Bluetooth 

Cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan selanjutnya adalah dengan menghapus cache. Data sementara atau cache tidak hanya berlaku untuk aplikasi-aplikasi unduhan atau bawaan yang berjalan, akan tetapi juga terdapat pada pengaturan device itu sendiri. 

Hampir sama dengan me-restart device, menghapus cache juga menjadi salah satu solusi ampuh dalam segala permasalahan dalam IT. Dengan menghapus cache maka sistem akan berjalan lebih ringan, karena sebagian data yang ada telah dihapus. 

Menghapus cache dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Pertama buka pengaturan, dan cari pengaturan aplikasi.

  • kemudian agar lebih mudah sort menurut sistem perangkat. Akan muncul aplikasi-aplikasi sistem perangkat, dan pilih bluetooth. 

  • Kemudian klik storage atau penyimpanan, dan pilih clear cache

Dengan demikian cache atau penyimpanan sementara akan terhapus. 

Beberapa cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan diatas dapat dicoba apabila bluetooth pada android tidak berjalan dengan benar. Cara-cara diatas merupakan cara terbaik dan termudah untuk memperbaiki kerusakan pada bluetooth.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button