Cara Membuat Leaflet di Hp Hanya Menggunakan Satu Aplikasi!

Cara Membuat Leaflet di Hp Hanya Menggunakan Satu Aplikasi!
cara membuat leaflet di hp

Penyebaran informasi dengan media cetak sudah marak sekali termasuk dengan menggunakan leaflet. Untuk mempermudah, perlu mengetahui cara membuat leaflet di hp. Tidak perlu khawatir, hanya memerlukan handphone, bisa membuat leaflet yang menarik!

Lantas, leaflet itu apa? Leaflet adalah media cetak terkait informasi singkat mengenai perusahaan atau suatu badan dan hampir mirip dengan brosur. Ini sering kali dijumpai ketika seseorang ingin mempromosikan sesuatu.

Cara Membuat Leaflet di Hp

Sebuah aplikasi yang sangat familiar saat ini, bahkan bisa digunakan untuk segala desain. Template di dalamnya pun beragam, hingga fitur yang disediakan sangat memudahkan para pengguna. Nama aplikasinya adalah canva. Berikut beberapa langkah membuat leaflet:

  • Pastikan sudah download aplikasi canva lewat Playstore atau AppStore, lalu buka aplikasi tersebut.

  • Klik ikon + berwarna ungu pada bagian tengah bawah.

  • Ketik ‘brosur lipat berbentuk Z’ pada kolom pencarian.

  • Jika hanya ingin mengubah sedikit informasi, dapat menggunakan template dari aplikasi canva pada fitur ‘desain’.

  • Untuk membuat desain dari awal, perlu menentukan dulu tema yang akan dibuat dan warna background agar mempermudah waktu pengerjaan.

  • Jika sudah menentukan, klik warna untuk background pada leaflet tersebut.

  • Klik ikon + pada bagian kiri bawah untuk menambahkan elemen, foto, teks, maupun gambar.

  • Struktur leaflet bisa diisi dengan heading, sub pos, dan dilanjutkan dengan teks lainnya.

  • Jika sudah, bisa unduh menjadi PNG, ataupun pdf dan dapat mengatur kualitas gambar agar lebih bagus ketika dicetak.

Jika masih bingung cara membuatnya, bisa lewat tutorial di YouTube agar lebih jelas. Namun, jika masih belum ada referensi, bisa menggunakan aplikasi pinterest. Kedua aplikasi itu memang sangat diperlukan jika ingin mendesain sesuatu.

Canva juga bisa digunakan pada laptop atau PC. Maka bisa dibilang, aplikasi ini sangat fleksibel. Hanya memerlukan gmail yang terhubung dengan canva dan bisa dapat diakses dimana saja.

Perbedaan Leaflet, Brosur, dan Flyer

Masing-masing media cetak mempunyai perbedaan yang signifikan. Terkadang, orang-orang sering menyebutnya ‘brosur’ untuk semua macam media cetak. Agar tidak keliru lagi, berikut perbedaan dari masing-masing media cetak:

1. Leaflet

Leaflet berbentuk selembar kertas namun dilipat tiga atau menyerupai Z. Bahan kertasnya pun, juga berbeda. Leaflet cenderung menggunakan art paper dan biasanya untuk memberikan informasi singkat mengenai perusahaan atau sekolah.

2. Brosur

Sudah sangat jelas, brosur memang biasa digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa pada perusahaan dan bersifat persuasif. Untuk ukuran kertas biasanya menggunakan 8,5 x 14 inci.

Bentuk brosur juga cenderung berlapis dan dijadikan satu. Terdapat beberapa foto sebagai pelengkap dan brosur sering dibagikan secara cuma-cuma untuk masyarakat umum agar dapat mengetahui informasi dari produk tersebut.

3. Flyer

Flyer tersendiri sudah terkenal dari zaman dahulu sebagai media cetak untuk alat pemasaran. Biasanya juga menggunakan kertas berukuran A4 dan dicetak sekaligus banyak untuk disebar di tempat keramaian seperti Mall atau jalan besar lainnya.

Flyer ini hanya menggunakan satu kertas untuk memuat berbagai informasi. Namun, beberapa orang menggunakan metode ini dengan tulisan berukuran cukup kecil tentunya akan sulit dibaca. Flyer juga terkesan lebih hemat daripada yang lainnya.

Itu beberapa informasi mengenai cara membuat leaflet di hp dengan sangat mudah! Bahkan hanya membutuhkan satu aplikasi. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai perbedaan antara leaflet, brosur dan flyer, yang ternyata mempunyai fungsi berbeda-beda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.