Teknologi

Cara Cek Pemakaian Indihome, Ternyata Mudah Dilakukan!

Penurunan kecepatan akses internet kerap kali menjadi momok yang sangat menjengkelkan terutama pagi para pengguna indihome. Mengetahui cara cek pemakaian indihome dapat menjadi kunci utama lancarnya akses internet yang ada di rumah.

Penurunan kecepatan disebabkan oleh terpenuhinya batas minimal penggunaan atau yang kerap disebut dengan istilah FUP. Sebelum membahas lebih jauh berikut ulasan lengkap mengenai hal-hal seputar indihome dan permasalahan yang kerap terjadi:

Pengertian Indihome

Salah satu mobile application atau yang lebih familiar disebut Indihome merupakan sebuah produk berbasis layanan internet yang disediakan oleh PT. Telkomsel. Layanan indihome menawarkan berbagai paket mulai dari internet, telepon rumah maupun layanan televisi.

Label yang tersemat pada indihome adalah 3-in – yang artinya dalam satu paket terdapat 3 akses layanan yang diperoleh. Produk Indihome pertama kali dikenalkan tahun 2015 dan saat ini sudah tersebar merata di wilayah Indonesia.

FUP Indihome

Bagi pengguna indihome penting sekali mengetahui apa itu batas pemakaian wajar atau yang lebih dikenal dengan FUP (Fair Usage Policy). Pada saat awal pemakaian paket kecepatan internetnya akan sama dengan kecepatan yang ditawarkan saat pembelian.

Namun saat pengguna telah melewati batas pemakaian wajarnya sebesar 25% maka kecepatan internet akan mulai menurun. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian atau FUP dimana akses akan mulai berjalan dengan kecepatan sebesar 75% dari kecepatan awal.

Cara Mengecek Pemakaian Kuota Indihome

Demi kelancaran akses internet indihome penting bagi pengguna untuk melakukan pengecekan batas minimum pemakaian internet. Oleh karena itu berikut rangkuman mengenai beberapa cara cek pemakaian indihome yang dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan:

1. Memakai Aplikasi My Indihome

Salah satu aplikasi bawaan telkomsel yakni My Indihome dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pengecekan kuota indihome yang paling sederhana. Berikut penjelasan mengenai tahapan-tahapan yang perlu dilakukan saat hendak mengecek kuota melalui my Indihome:

  • Pastikan bahwa aplikasi My Indihome telah terinstal pada perangkat.
  • Masuk menggunakan alamat email dan password yang sudah terdaftar sebagai akun milik pengguna.
  • Apabila login berhasil, pengguna akan dibawa menuju laman utama atau Home.
  • Pilih menu Internet lalu lihat bagian rincian.
  • Pada bagian rincian akan ditampilkan informasi mengenai jumlah kuota yang habis terpakai pada kurun waktu tertentu.

2. Mengakses Situs Indihome Melalui Website

Selain menggunakan aplikasi langsung, salah satu alternatif lain yang patut dicoba adalah pengecekan melalui situs indihome. Untuk mengecek seberapa besar pemakaian kuota indihome ikuti langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan perangkat komputer maupun laptop.
  • Lakukan pencarian situs indihome melalui browser.
  • Daftarkan diri terlebih dahulu jika belum mempunyai akun, namun jika akun sudah terdaftar maka login secara otomatis.
  • Selanjutnya situs indihome akan menampilkan layar utama yang berisi rincian paket internet indihome yang sudah digunakan.

3. Menggunakan Menu SMS

Proses pengecekan kuota indihome menggunakan metode ini terbilang sebagai cara yang paling fleksibel dan bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut ulasan mengenai langkah pengecekan kuota indihome menggunakan SMS:

  • Aktifkan hp dan buka menu SMS
  • Kirim pesan menuju “98108” dengan format sebagai berikut “Ketik nomer ISP kemudian spasi, lalu dilanjutkan dengan menulis nomor IH diselingi spasi, terakhir pesan dilengkapi Kode Area dan Nomor Telepon Indihome pengguna.
  • Tunggu beberapa saat hingga balasan pesan berisi info mengenai kuota yang sudah digunakan muncul.

4. Menggunakan Cara Manual

Cara ini terbilang sederhana namun lebih disarankan untuk pengguna yang menggunakan akses indihome sendiri. Hal ini dikarenakan cara mengecek internet manual adalah dengan melihat jumlah pemakaian harian pada perangkat pengguna.

Jumlah ini kemudian dikalkulasikan dengan total kuota yang dimiliki, sehingga apabila pemakaian pada hari tertentu tinggi maka pengguna dapat memanage pemakaian pada hari berikutnya. Cara ini kurang efektif digunakan apabila indihome diakses oleh sejumlah orang.

Cukup sekian informasi mengenai cara cek pemakaian indihome untuk memastikan seberapa besar kuota yang sudah digunakan. Melalui artikel ini diharapkan para pengguna indihome dapat menikmati layanan akses internet dengan lancar!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button