Cara Memperbaiki Aplikasi yang Error dengan Mudah

Cara Memperbaiki Aplikasi yang Error dengan Mudah

Setiap orang tentunya menggunakan berbagai aplikasi di smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali aplikasi yang beredar dan memiliki berbagai manfaat. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara memperbaiki aplikasi yang error di smartphone. 

Aplikasi yang error tentunya mengganggu produktivitas sehari-hari. Akan tetapi, cara memperbaiki berbagai aplikasi yang error tersebut sangatlah mudah. Simak berbagai cara untuk memperbaiki aplikasi yang eror sehingga dapat digunakan kembali, diantaranya:

1. Melakukan Muat Ulang pada Smartphone 

Salah satu alasan aplikasi tidak dapat dibuka adalah smartphone yang mengalami error atau gangguan. Hal ini mungkin terjadi pada smartphone yang memiliki terlalu banyak aplikasi. Terlalu banyaknya aplikasi dapat membuat smartphone harus bekerja dengan lebih keras. 

Jika mengalami gangguan pada aplikasi, silahkan melakukan restart pada smartphone. Cara melakukan restart adalah dengan menekan tombol pada smartphone selama beberapa saat, hingga muncul pilihan restart. 

2. Membersihkan Cache Aplikasi di Smartphone 

Cara memperbaiki aplikasi yang error berikutnya adalah dengan membersihkan data cache yang ada di masing-masing aplikasi. Data ini adalah informasi yang tersimpan pada aplikasi. Pada dasarnya, data ini tidak diperlukan dan merupakan jejak digital dari pengguna saja. 

Hal ini dapat dilakukan dengan pergi ke pengaturan dan memilih opsi manage apps. Setelah itu, silahkan klik aplikasi yang tidak dapat dibuka. Selanjutnya, pilih opsi untuk clear cache atau membersihkan cache. Cara ini tentunya juga sangat mudah dan cepat. 

3. Menghapus Aplikasi dan Mengunduh Ulang 

PIlihan solusi berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dapat dibuka. Cara ini memang sangat mudah tetapi juga memiliki kekurangan. Jika aplikasi dihapus, seringkali data yang tersimpan perlu untuk dimasukkan kembali. 

Apabila sudah menghapus aplikasi, silahkan mengunduh ulang melalui Play Store. Aplikasi juga dapat diunduh di App Store jika menggunakan iPhone. Setelah itu, aplikasi akan kembali kepada pengaturan awal dan dapat digunakan kembali. 

4. Melakukan Update Software pada Smartphone

Aplikasi bisa saja eror dan tidak dapat dibuka karena software yang tidak sesuai. Oleh karena itu, perlu untuk mengupdate software pada smartphone secara berkala. Hal ini mencegah error pada aplikasi sehingga dapat terus digunakan. 

Dalam mengecek update pada software, silahkan pergi ke pengaturan. Setelah itu, silahkan memilih sistem dan memilih opsi tentang ponsel. Perlu untuk mengklik pilihan ‘update software’ jika ada dan tunggu selama beberapa saat. 

5. Melakukan Update pada Aplikasi yang Error 

Masalah aplikasi yang eror bisa juga disebabkan karena adanya update pada aplikasi. Perkembangan teknologi membuat aplikasi terus diperbarui. Oleh karena itu, penting untuk mengecek update pada aplikasi secara berkala. 

Update pada aplikasi dapat dilihat di App Store atau Play Store. Selanjutnya, silahkan ketik nama aplikasi yang dituju. Apabila terdapat pilihan ‘update’ silahkan klik opsi tersebut. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi sudah sepenuhnya terbarui sebelum digunakan. 

Pada umumnya, aplikasi yang error bukanlah masalah besar. Hal ini seringkali terjadi karena perkembangan teknologi yang ada. Jadi tidak perlu cemas jika aplikasi yang biasa digunakan terkadang eror atau tidak bisa dibuka. 

Demikianlah berbagai cara memperbaiki aplikasi yang eror dan tidak dapat dibuka. Beberapa cara ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memakan waktu banyak. Cara ini perlu untuk diketahui agar aplikasi selalu berfungsi dengan baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.