HP Lemot? Begini Cara Menghapus File Sampah di RAM dengan Praktis

cara menghapus file sampah di ram

Gadget atau HP lemot dan sering nge-bug memiliki beberapa penyebab, salah satunya yakni penuhnya penyimpanan RAM. Berikut beberapa cara menghapus file sampah di RAM agar hp yang digunakan tidak lemot lagi.

Penuhnya penyimpanan RAM memang sangat menyebalkan. Selain menyebabkan hp lemot, dan error, hal lain yang menyebalkan lagi adalah munculnya notifikasi setiap waktu. Notifikasi tersebut tidak akan hilang, apabila pengguna belum mengosongkan ruang pada RAM.

1. Menghapus File Duplikat

Cara menghapus file sampah di RAM yang pertama adalah dengan menghapus file duplikat. Seringkali pengguna awam tidak paham dengan sistematika penyimpanan pada hp yang digunakan. Hal ini akan menyebabkan penyimpanan RAM penuh secara tiba-tiba.

Khususnya pagi pengguna brand samsung, teliti lebih lanjut tentang bagaimana suatu file disimpan. Karena biasanya terdapat beberapa file yang disimpan secara duplikat. Hal inilah yang tentu sangat menyebalkan bukan? Oleh karenanya, periksa lebih lanjut.

Biasanya duplikat file tersebut tersimpan pada penyimpanan eksternal yakni pada micro sd. Pengguna dapat memastikan apakah file tersebut terduplikat apa tidak, dengan cara berikut:

  • Buka pengaturan pada hp, pilih dan klik penyimpanan.
  • Akan terlihat opsi file duplikat, kemudian pastikan ingin menyimpan file tersebut pada bagian mana.
  • Selanjutnya hapus salah satu file yang terduplikat, dan selesai.

2. Menghapus File Unduhan

Menghapus file unduhan menjadi cara menghapus file sampah di RAM berikutnya, biasanya unduhan berupa image ataupun video tidak langsung tersimpan pada penyimpanan galeri. Unduhan akan tersimpan pada penyimpanan unduhan, dan baru akan disimpan kembali dalam penyimpanan galeri.

Hal tersebutlah yang menyebabkan RAM hp cepat penuh, dan akan hp akan lemot saat digunakan. Tipsnya adalah dengan menghapus file-file unduhan, seperti foto dan video yang sudah disimpan di galeri.

Ketika file tersebut sudah disimpan di tempat penyimpanan lainnya, maka file yang berada pada unduhan harus dihapus. Dengan begitu, tidak akan terjadi penyimpanan file duplikat, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan pada hp, gulirkan hingga menemukan opsi storage atau penyimpanan.
  • Selanjutnya, klik file unduhan, dan periksa file-file yang berupa gambar atau video.
  • Pastikan file-file tersebut sudah tersimpan dalam galeri apa belum, selanjutnya jika sudah tersimpan dalam galeri.
  • Hapus file-file unduhan tersebut, maka file unduhan berupa gambar dan video sudah tidak terduplikat.

3. Menghapus Cache

Cara menghapus file sampah di RAM selanjutnya adalah dengan cara menghapus cache. Seperti yang diketahui bahwa cache ada data sementara, yang berfungsi untuk mempercepat loading sebuah aplikasi atau software yang sedang berjalan.

Cache dapat dikategorikan dalam sampah, dan aman untuk dihapus secara permanen. Penyimpanan cache yang berlebih akan menyebabkan hp lemot, dan penyimpanan RAM akan penuh secara tidak jelas. Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache dengan benar:

  • Pilih dan klik opsi penyimpanan dalam pengaturan yang ada.
  • Selanjutnya akan muncul clear cache yang berarti akan menghapus secara permanen data sementara yang ada.
  • Pembersihan cache juga dapat dilakukan pada setiap aplikasi yang ada, dengan mengklik ikon setiap aplikasi yang ada dalam pengaturan.
  • Selanjutnya pilih opsi bersihkan cache pada aplikasi. Setelah itu aplikasi akan bersih dari cache.

Penghapusan data sementara pada aplikasi atau cache juga dapat dilakukan langsung melalui aplikasi yang sedang berjalan. Dengan cara membuka pengaturan pada aplikasi dan memilih pengaturan, maka selanjutnya akan ada opsi hapus cache.

Sudah tidak perlu risau bukan? Bagaimana jika hp lemot atau penyimpanan RAM penuh. Dengan cara menghapus file sampah di RAM seperti diatas, maka pengguna tidak perlu menghabiskan uang, dan waktu berlebih untuk menuju counter hp.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.