Teknologi

3 Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak Ada Gambarnya dengan Mudah

Apakah televisi di rumah pengguna tidak dapat menampakkan gambar seperti biasanya, padahal sudah dinyalakan? Tenang, langsung saja simak beberapa cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya yang akan dijelaskan di bawah ini.

Meskipun perkembangan teknologi saat ini semakin canggih, dan sudah banyak televisi yang dibekali dengan berbagai fitur-fitur yang canggih. Namun tetap saja tidak dapat menutup kemungkinan adanya resiko kerusakan lebih-lebih cara penggunaannya sangat asal-asalan, berikut informasinya:

1. Backlight Mati

Komponen lampu backlight ini berada pada panel yang terletak di bagian belakang TV yang mana panel tersebut dirangkai secara seri. Karena adanya rangkaian tersebut, akan mengakibatkan semua lampu mati apabila salah satu lampu tersebut mati.

Permasalahan ini bisa berakibat panel tidak memperoleh penerangan dengan begitu layar TV LED akan menjadi gelap. Kondisi ini dapat pengguna pastikan dengan cara mengambil senter untuk dijadikan sebagai penerang saat mengecek kondisi dibagian TV belakang.

Apabila memang menunjukkan adanya indikasi pada backlight, maka pengguna dapat melihat gambar serta titik-titik tester. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat melakukan beberapa langkah mudah dibawah ini sebagai berikut:

  • Setiap tegangan di power supply pastikan apakah sudah normal atau belum.
  • Selanjutnya pastikan probe berwarna merah pada (+) kemudian probe berwarna hitam pada (-).
  • Kemudian cek dan ukur tegangan dari setiap masing-masing output driver LED.
  • Seumpama tegangan pada output driver LED menunjukkan angka nol. Maka pengguna harus mengganti ic driver.
  • Namun sebelumnya pengguna pastikan terlebih dahulu, jika hal ini bukan disebabkan dari konektor yang kurang menancap.
  • Kemudian pastikan lampu yang digunakan untuk mengganti itu merupakan lampu yang mempunyai tegangan volt yang sama dengan yang sebelumnya.

2. Masalah pada T-Con

Cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya yang selanjutnya yaitu memeriksa bagian T-Con. Sebab, pada bagian T-Con ini bisa dikatakan sebagai salah satu permasalahan yang sudah sangat sering terjadi pada televisi LCD atau LED.

Fungsi dari T-Con sendiri merupakan penyalur tegangan pada ponsel, masalah ini bisa terjadi dengan adanya masalah. Seperti tegangan yang disuplai tidak cukup yang diakibatkan dari konektor rusak harus digantikan dengan yang baru.

Pengguna dapat memastikannya dengan cara menyentuh IC utama pada T-Con, jika panas dapat dipastikan permasalahan karena komponen daerah IC ada yang rusak. Untuk mengatasinya simak beberapa langkah dibawah ini:

  • Pertama-tama pengguna harus memastikan bahwa tegangan pada power supply normal.
  • Selanjutnya tegangan pada output driver LED, silahkan pengguna cek, apabila tegangan berada dititik nol, maka IC driver harus diganti.
  • Namun sebelum mengganti ic driver pastikan terlebih dahulu apakah konektor benar-benar sudah tertancap dengan rapi apa belum.

3. Bawa ke Teknisi

Apabila semua cara tersebut tidak dapat mengatasinya, maka pengguna dapat membawanya pada teknisi yang sudah berpengalaman. Karena hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal lain yang harus ditangani dengan keterampilan serta peralatan khusus.

Cara ini merupakan cara yang paling aman selain itu pengguna juga tidak perlu mengambil banyak risiko. Ketika nantinya tidak dapat melakukannya dengan baik, sebab hal ini bisa disebabkan dengan hal lain dan membutuhkan penanganan khusus.

Itulah beberapa cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya yang dapat pengguna coba terlebih dahulu sebelum membawanya ke teknisi berpengalaman. Selamat mencoba semoga referensi diatas cukup membantu dan mudah untuk dilakukan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button