Ketahui Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi Beserta Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi Beserta Cara Mengatasinya

 

Penyebab keyboard tidak berfungsi ada beberapa macam. Pembahasan mengenai tidak berfungsinya keyboard, akan dibahas secara lengkap di bawah ini. Lengkap dengan cara mengatasinya.

Keyboard merupakan perangkat penting yang ada pada laptop atau komputer, sehingga saat keyboard tidak berfungsi dapat membuat fungsi perangkat komputer akan menjadi cacat. Berikut adalah hal yang dapat menyebabkan keyboard tidak dapat berfungsi dan cara mengatasinya:

1. Kebersihan Keyboard Tidak Terjaga

Penyebab keyboard tidak berfungsi yang pertama adalah tidak terjaganya kebersihan pada keyboard. Kotoran yang menempel pada sela-sela tuts bisa membuat keyboard macet lalu kehilangan fungsinya.

Untuk membersihkan laptop cukup mudah. Bisa menggunakan sikat halus atau kain. Jika ingin lebih proper, bisa menggunakan penyedot kotoran khusus keyboard. Fungsinya mirip vacuum cleaner, hanya saja bentuknya kecil dan sikatnya halus.

Agar kebersihan keyboard tetap terjaga, pastikan perangkat komputer tersimpan di tempat yang bersih dan tidak lembab.

2. Masalah Perangkat Lunak

Perangkat lunak juga bisa menjadi penyumbang masalah pada laptop yang tidak berfungsi lho, ini bisa terjadi karena laptop mengalami bug. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan me-restart laptop atau komputer.

Jika tombol start masih bisa berfungsi, maka matikan PC menggunakan tombol tersebut. Namun jika tombol start tidak dapat berfungsi, tekan tombol power minimal 5 detik dan maksimal 15 detik, hal ini dilakukan untuk mematikan laptop atau komputer secara paksa.

Apabila setelah dilakukan restart keyboard dapat kembali berfungsi, maka masalahnya adalah pada perangkat lunak. Namun jika setelah dilakukan restart keyboard masih tetap kehilangan fungsinya, maka kerusakan pada keyboard bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

3. Restore Sistem

Restore sistem adalah salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan fungsi keyboard karena masalah ini:

  • Klik pada menu ‘Start’.

  • Setelah itu pilih ‘Control Panel’.

  • Lalu klik ‘Backup your computer’, kemudian pilih ‘System and Security’.

  • Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik menu ‘Recover system settings of your computer’.

  • Lalu setelah itu pilih pada menu ‘Open System Restore’.

  • Silahkan reboot laptop apabila proses restore telah berhasil dilakukan.

Apabila restore sistem adalah penyebab keyboard tidak berfungsi, maka setelah melakukan beberapa langkah di atas keyboard akan berfungsi lagi dengan baik.

4. Memperbaiki Keyboard Driver

Hal lainnya yang dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi adalah software keyboard driver mengalami gangguan oleh program komputer yang lain. Untuk memastikan hal ini, periksa terlebih dahulu apakah keyboard driver masih berfungsi atau tidak. 

Cara untuk melakukan pemeriksaan ini bisa dilakukan pada menu ‘Device Manager’. Cara memeriksa Device Manager adalah:

  • Buka ‘Control Panel’.

  • Setelah itu, klik pada menu ‘System and Security’.

  • Kemudian pilih ‘Device Manager’.

  • Device Manager ini berdiri semua perangkat keras di dalam laptop.

  • Selanjutnya klik Keyboard, setelah itu akan muncul keyboard driver laptop.

Apabila menampilkan muncul peringatan tanda seru, artinya keyboard driver mengalami masalah. Hal yang dapat dilakukan untuk. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ini adalah mencari driver terbaru dengan cara mengunjungi website pabrikan laptop atau komputer.

5. Keyboard Rusak

Apabila sudah melakukan banyak cara tapi keyboard tetap tidak berfungsi, maka dapat dipastikan keyboard tersebut telah rusak. Yang dapat dilakukan atas permasalahan ini adalah dengan membeli keyboard baru.

Apabila sudah diganti keyboard baru tapi tetap tidak berfungsi juga, maka bawalah laptop atau komputer ke tempat servis. Kemungkinan ada kabel yang terputus sehingga mengganggu fungsi kerja keyboard.

Atau solusi lainnya adalah dengan menggunakan keyboard port USB. Apabila pengguna merasa tidak nyaman dengan penggunaan keyboard port USB, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan keyboard virtual yang ada di layar PC.

Itulah beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi yang wajib untuk diketahui. Pada penjelasan ini juga telah diuraikan mengenai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.