Teknologi

Kenapa File yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android? Ini Jawabannya!

Membersihkan file merupakan hal sering dilakukan orang, tujuannya agar memori android tidak penuh. Tetapi ketika di cek di penyimpanan masih ada, Kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android?

Kasus tersebut pernah dialami oleh sebagian besar orang, dan tentu saja pasti menjengkelkan. Karena tujuan menghapus file-file itu untuk mengosongkan ruang penyimpanan, yang mana di sini file nya justru muncul kembali.

Untuk para pengguna jangan khawatir, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Yang pastinya, sebagai pengguna harus mengetahui apa penyebab sehingga terjadi hal tersebut.

Penyebab File yang Sudah Dihapus di Android Muncul Kembali

Faktor yang menyebabkan kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android?, Ini perlu dipahami oleh seluruh pengguna yang mengalami masalah serupa. Supaya dapat diatasi dengan mudah. Berikut merupakan hal-hal yang menjadi penyebabnya:

1. Terkuncinya Kartu Memori

Faktor penyebab pertama adalah ketika file yang dihapus tetapi muncul kembali, hal tersebut penyebabnya bisa berbagai macam. Yaitu salah satunya ialah terkuncinya kartu memori, bisa saja kejadian seperti ini terjadi atas ketidaksengajaan penggunanya.

Dari ketidaksengajaan tersebut dapat merubah pengaturan android ke mode read only,yang mengakibatkan file tidak bisa dihapus dan tidak bisa diapa-apakan. Adapun caranya mengatur ulang kembali memori card ke mode normal atau ke pengaturan awal.

2. Serangan Virus Malware

Adapun penyebab selanjutnya yaitu diakibatkan adanya serangan virus malware, yang dapat memblokir memory card. Malware merupakan jenis virus yang dapat menyebabkan kerusakan sehingga membahayakan memory card. Ketika terserang virus tersebut file tidak dapat dihapus.

3. Sinkronisasi Cloud di Android Aktif

Saat mengaktifkan sinkronisasi cloud di android, dan pastinya setiap android memiliki fitur tersebut. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika ada file penting yang tidak sengaja terhapus dengan mudah dapat dikembalikan.

Maka jika sinkronisasi cloud ini aktif maka file yang sudah dihapus bisa muncul kembali, ketika mensinkronkan dengan internet. Semua data atau file yang dibutuhkan pun akan terselamatkan.

Cara Menghapus File Agar Tidak Muncul Kembali

Setelah mengetahui bagaimana faktor yang dapat menyebabkan file yang sudah dihapus muncul kembali, Selanjutnya harus dipahami oleh pengguna cara menghapusnya. Agar tidak muncul kembali, berikut cara mengatasi dan menghapusnya:

1. Membuka Kunci Kartu Memori

Dengan membuka kunci yang menjadi penyebab memory card terkunci, maka hal pertama lepas memory card dari perangkat. setelah itu lihat apakah ada tanda kunci atau tidak. Selanjutnya matikan mode kunci supaya file terhapus permanen.

2. Menghapus Sampah Cache dan Menonaktifkan Sinkronisasi Cloud

Adapun cara yang kedua yaitu hapus sampah cache yang terpasang di perangkat, cara menghapusnya adalah. Buka menu perangkat, menu “Manajemen Aplikasi” selanjutnya pilih aplikasi dan klik “Hapus Cache”.

Apabila sinkronisasi cloud di perangkat aktif, maka pasti file yang sudah dihapus oleh pengguna dapat kembali lagi. Untuk mencegah hal tersebut, seharusnya pengguna dapat menonaktifkan sinkronisasi cloud terlebih dahulu sebelum menghapus file.

Adapun cara yang pertama, adalah menonaktifkan sinkronisasi cloud yang ada di perangkat lalu hapus file yang ingin dihapus. Setelah itu masuk ke layanan cloud dan cari file yang ingin dihapus. Maka file sudah terhapus.

Demikianlah, penjelasan mengenai beberapa faktor penyebab kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android. Serta bagaimana cara mengatasi agar filenya tidak muncul kembali. Pengguna bisa melakukan langkah-langkah yang sudah disampaikan di atas.

Dengan sangat mudah, dan pengguna android tidak perlu khawatir lagi jika memori penyimpanan akan penuh dan tidak bisa menambah ruang penyimpanan. Karena cukup dengan membuka kartu memori, menghapus sampah cache, dan menonaktifkan sinkronisasi cloud.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button