Ketahui Cara Pakai Kamera Canon Untuk Pemula dan Kenali Tombolnya

cara pakai kamera canon

Bagi beberapa orang yang sangat menyukai dunia fotografi memilih untuk menggunakan kamera Canon agar mendapatkan hasil yang lebih bagus. Walaupun memiliki banyak tombol, cara pakai kamera canon ternyata tidaklah sulit apalagi bagi pemula.

Begitu banyak hal yang harus diperhatikan oleh para pemula sebelum menggunakan kamera Canon, salah satunya adalah tombol-tombol pada kamera. Untuk menjadi fotografer andal maka harus memahami tombol utama pada kamera.

Tombol Pada Kamera Canon

Untuk memahami setiap tombol dan fungsinya tentu tidaklah mudah. Bagi beberapa pemula, untuk memahami tombol yang terdapat pada kamera sangat memusingkan. Berikut beberapa tombol pada kamera Canon dan fungsinya bagi para pemula:

1. Tombol Power

Pada setiap kamera pasti memiliki tombol power. Tombol power adalah akses untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kamera. Tombol power ini biasanya terletak di bagian atas dengan kode ‘On’ dan ‘off’.

2. Shutter

Tombol yang satu ini dapat digunakan untuk menangkap momen yang ingin diambil. Tombol Shutter umumnya terletak di bagian atas kamera atau body kamera. Tombol ini diletakkan di tempat yang strategis sehingga membuat para fotografer akan nyaman saat menggunakannya.

3. Command Dial

Command Dial berbentuk seperti roda kecil yang dapat diputar. Fungsi dari fitur Command Dial adalah untuk menyesuaikan pengaturan-pengaturan dasar yaitu ISO, diafragma, Shutter speed, dan pengaturan lainnya:

  • ISO adalah sebuah fitur yang berguna untuk mengatur Sensitivitas cahaya yang masuk pada lensa. Fitur ISO dapat membuat foto yang diambil terlihat lebih tajam dan jelas. Namun perlu diingat bahwa kepekaan cahaya yang tinggi lebih baik digunakan pada objek dengan pencahayaan yang rendah atau gelap.
  • Diafragma hampir sama dengan ISO. Diafragma merupakan bagian dari lensa yang mempunyai kegunaan untuk menata ukuran cahaya yang masuk ke lensa.
  • Shutter speed atau speed Rana merupakan salah satu fitur yang digunakan sebagai lamanya waktu yang dibutuhkan agar cahaya masuk ke dalam sensor lensa. Terlebih, sebelum memotret sesuatu harus mengatur Shutter speed dengan baik agar foto yang dihasilkan menjadi sangat bagus.

4. Tombol Aperture

Tombol Aperture merupakan tombol yang berguna untuk mengatur intensitas cahaya kamera yang akan digunakan. Tombol ini juga dapat berfungsi sebagai pengatur paparan eksposur saat mode Auto.

Cara Mudah Menggunakan Kamera Canon

Setelah memahami tombol-tombol umum tersebut, sekarang akan beralih pada cara pakai kamera Canon agar dapat menghasilkan foto yang bagus. Sebelum memulai pemotretan, wajib memasukkan baterai dan file memori, kemudian menekan tombol power untuk menyalakan kamera.

Setelah kamera menyala, harus memfokuskan lensa pada objek yang akan dipotret. pencahayaan dapat dilakukan dengan mengatur Aperture yang memiliki kode f.nomor. Semakin besar bukaan Aperture, maka semakin kecil nomor f nya. Begitu pula sebaliknya.

Pada saat mengatur pencahayaan, alangkah baiknya memahami situasi. Jika memotret di malam hari, maka cahaya yang digunakan haruslah banyak agar objek yang dipotret terlihat jelas. Dengan menyesuaikan semua pengaturan dasar yang sudah diterangkan di atas, maka dapat menghasilkan foto yang bagus.

Cara pakai kamera Canon terlihat lebih mudah jika memahami tombol-tombolnya terlebih dahulu. Dengan mengerti tombol-tombol dasar pada kamera, sudah selangkah lebih maju untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi walaupun seorang pemula di dunia fotografi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.