Inilah Tata Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang

cara membuat google drive yang bisa diakses semua orang

Google Drive merupakan akun yang sangatlah bermanfaat sekali untuk tempat penyimpanan, tak heran jika banyak yang telah memakai platform tersebut. Cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang termasuk trik penting untuk dipelajari.

Dengan cara tersebut, pembaca dapat membagikan akses masuk dalam folder Google Drive untuk orang lain. Sehingga orang lain dapat menikmati atau sekedar melihat-lihat saja folder tersebut. Lantas bagaimana caranya? Simak berbagai paparan setelah ini!

Apa itu Google Drive?

Jika pembaca masih belum mengenal apa itu Google Drive serta apa saja fungsinya maka perhatikan penjelasan berikut terlebih dahulu. Jadi Google Drive merupakan platform digital yang dibuat oleh Google sebagai tempat penyimpanan.

Platform ini dapat digunakan dengan berbagai device, baik Hp maupun Pc. Bahkan pada beberapa Hp seperti Android, Google Drive telah terinstall otomatis pada sistem operasi Hp. Jadi pembaca tidak perlu mengunduh dan install lagi.

Sedangkan fungsinya jelas, yaitu untuk tempat penyimpanan berbagai file seperti dokumen, video, musik, foto, dan beberapa file lainnya. Untuk setiap akun akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 15 Gb, terhitung cukup untuk menambah penyimpanan pada Hp.

Selain itu, platform yang telah ada sejak tahun 2012 ini juga memiliki berbagai fungsi lainnya. Seperti contoh untuk mengedit file, berbagi file, dan tempat untuk backup data. Sangatlah multifungsi sekali bukan?.

Cara Membuka Akses Google Drive Untuk Semua Orang

Selanjutnya setelah mengenal apa itu Google Drive serta berbagai fungsinya, maka pembaca juga perlu memperhatikan pembahasan berikutnya. Yaitu terkait bagaimana cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang.

Hal tersebut penting dipelajari agar pembaca juga dapat membagikan (akses) kepada orang lain untuk bisa masuk pada folder yang dimiliki. Tentu saja, dengan itu akan membuat file yang dimiliki bisa menjadi manfaat untuk orang lain.

Selain itu cara ini juga dapat digunakan ketika ingin membagikan banyak file kepada orang lain. Maka pembaca cukup membagikan link Google Drive saja, biar selanjutnya orang lain yang akan mengunduh file pada foldernya, simpel bukan?.

Lantas bagaimana caranya? Apakah susah?. Tentu saja tidak, karena hanya terdiri dari beberapa langkah saja. Apa saja langkah tersebut? Simak di bawah ini:

  • Bukalah akun Google Drive yang pembaca miliki.
  • Setelah itu cari folder yang ingin dibagikan aksesnya kepada orang lain.
  • Sesudah menemukan foldernya, maka klik kanan lalu pilih menu  “Bagikan” .
  • Kemudian pembaca akan masuk pada pengaturan terkait pembagian link folder yang akan dibuka aksesnya.
  • Selanjutnya pada menu “Akses Ubah” ubahlah dari “Dibatasi” menjadi “Siapa Saja yang Mempunyai Link”.
  • Kemudian pada samping kanannya juga terdapat pengaturan. Silahkan pembaca tentukan apakah orang lain hanya diizinkan untuk melihat saja, atau berkomentar, atau juga bisa menjadi editor.
  • Jika pembaca memilih izin akses menjadi editor maka orang lain akan dapat menambahkan, mengelola, serta mengedit file di dalamnya. Silahkan pembaca tentukan sesuai kebutuhan.
  • Setelah semuanya telah diatur maka klik kotak yang bertuliskan “Salin Link”.
  • Link Google Drive telah selesai disalin, selanjutnya pembaca tinggal membagikan kepada seseorang atau pada suatu grup.
  • Selesai, folder dalam Google Drive miliki pengguna akan dapat diakses oleh semua orang, sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan tadi.

Demikianlah cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang dengan cepat dan mudah. Silahkan praktekkan tata cara di atas jika pembaca menginginkan orang lain bisa mengakses file yang pembaca punya dalam Google Drive.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.