Teknologi

6 Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam Paling Mudah

Fenomena Spam sangatlah sering terjadi pada platform Facebook, oleh karenanya perlu untuk mengerti cara memperbaiki Facebook yang kena Spam. Hal itu akan membantu untuk menghilangkan Spam yang tidak bertanggung jawab dalam aplikasi Facebook.

Spam dalam platform Facebook memiliki bentuk yang beragam. Contohnya seperti masuk grup sendiri, berkomentar otomatis, dan mengirim pada dinding orang lain. Tentu hal tersebut sangatlah mengesalkan bukan? Lantas bagaimana cara mengatasinya? Perhatikan paparan berikut ini:

1. Batalkan Pertemanan

Membatalkan atau menghapus pertemanan pada akun yang memberikan konten Spam merupakan salah satu cara memperbaiki Facebook yang kena Spam. Bahkan cara ini akan berpeluang besar untuk berhasil.

Namun sebelum melakukannya, pembaca harus benar-benar memastikan terlebih dahulu, apakah akun tersebut benar merupakan pengirim konten Spam. Jika dirasa sudah benar maka silahkan hapus pertemanan, untuk lebih amannya pembaca dapat memblokir akunnya juga.

2. Melaporkan Spamming Secepatnya

Jika akun Facebook sudah terkena Spam akun lain, maka segera laporkan konten Spam tersebut pada admin Facebook. Nantinya, pihak admin akan menghilangkan konten tersebut lalu akun Facebook akan berfungsi normal seperti sebelumnya.

Untuk cara melaporkannya juga cukup mudah. Perhatikan beberapa langkah berikut ini:

  • Carilah salah satu konten Spam yang telah dikirim.
  • Kemudian klik icon editing pada bagian kanan atas postingan.
  • Setelah itu, klik opsi “Saya tidak suka kiriman ini”.
  • Selanjutnya silahkan menunggu hingga admin Facebook akan menindak serta menghapus konten tersebut
  • Selesai, pembaca tidak akan melihat konten Spam itu lagi.

3. Buka Pusat Bantuan Facebook

Cara berikutnya, pembaca dapat menghubungi pusat bantuan pada halaman Facebook, hal ini untuk mencari keterangan terkait keamanan dari resiko Spam. Cara ini bisa pembaca lakukan jika serangan Spam sudah sangat parah, hingga membutuhkan tindakan serius.

Jika sudah menerima informasi dari pusat bantuan Facebook, maka ikuti semua instruksi yang telah diberikan. Selanjutnya akan terdapat jaminan akun Facebook akan kembali normal, karena sistem keamanan sudah update menjadi berlapis.

4. Hapus Segala Aktivitas Mencurigakan

Biasanya, pada akun Facebook yang terkena serangan Spam maka akan terdapat berbagai postingan yang pembaca tidak merasa mengupload konten tersebut. Kemudian untuk memperbaikinya, pembaca dapat memeriksa aktivitas tersebut lalu hapus semuanya hingga bersih.

Cara ini tidak hanya untuk konten berbentuk teks saja, akan tetapi juga yang berhubungan dengan gambar, link, video, dan grup. Intinya jika pembaca tidak pernah mengakses beberapa konten tersebut, maka silahkan hapus bersih saja.

5. Mengubah Kata Sandi Facebook Berkala

Jika ingin meningkatkan keamanan akun facebook pasca terkena Spam, maka lakukanlah perubahan kata sandi secara berkala. Hal tersebut akan membuat Facebook menjadi lebih aman dan minim resiko untuk dapat diakses oleh orang lain.

Minimal pembaca melakukannya setiap sebulan sekali, jangan lupa untuk menyimpan passwordnya dalam perangkat lainnya. Supaya akun tidak gampang diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang berpeluang besar dijadikan alat bantu untuk perbuatan jahat.

6. Menghapus Aplikasi Tidak Jelas

Cara terakhir yang juga dapat dilakukan saat Facebook terkena Spam adalah dengan menghapus berbagai aplikasi yang tidak jelas. Hal ini juga mungkin untuk terjadi, oleh karenanya penting juga untuk membersihkan Hp dari aplikasi tidak jelas.

Selain dapat membuat akun Facebook terkena Spam, aplikasi yang tidak jelas dan belum terjamin keamanannya juga akan berbahaya pada Hp. Karena bisa jadi akun tersebut akan membawa suatu virus yang akan merusak software Hp pembaca.

Itulah beberapa tata cara untuk memperbaiki Facebook yang kena Spam. Apabila pembaca mengalami peristiwa tersebut pada akun yang dimiliki, maka segera lakukan beberapa cara di atas. Agar akun Facebook dapat berjalan dengan normal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button