Teknologi

Kamera yang Bagus untuk Videografi, Lengkap dengan Kisaran Harganya

Bagi yang ingin menjadi seorang videografer atau bahkan seorang youtuber, memiliki kamera yang bagus untuk videografi merupakan suatu keharusan. Dengan spesifikasi kamera yang terbaik, pastinya akan menghasilkan video berkualitas.

Saat ini ada berbagai jenis kamera yang dapat menunjang kreatifitas dalam membuat videografi. Mulai dari DSLR, kamera action dan mirrorless. Dari berbagai jenis kamera tersebut, berikut rekomendasi terbaik untuk videografi beserta kisaran harganya.

1. Xiaomi Yi Sport Camera 16MP

Pertama ada kamera action Xiaomi Yi Sport Camera 16 MP yang cocok untuk membuat video outdoor. Bagi yang ingin menjadi youtuber, kamera jenis ini bisa digunakan untuk membuat video perjalanan, ulasan otomotif dan sebagainya.

Untuk ukuran kamera action, menggunakan sensor 16MP sudah cukup baik dalam menghasilkan videografi. Tak hanya itu, kisaran harganya pun sangat terjangkau bagi yang baru ingin memulai karir sebagai videografer. Harganya berkisar di bawah 1 jutaan.

2. Canon PowerShot SX430 IS

Pilihan kamera yang bagus untuk videografi selanjutnya adalah Canon PowerShot SX430 IS. Kamera yang cocok untuk merekam perjalanan ini dilengkapi resolusi 20MP. Tak hanya itu, lensa kamera ini juga dapat melakukan zoom hingga 45 kali pembesaran.

Dengan kualitas lensa tersebut, Canon PowerShot SX430 IS tentu saja mampu menghasilkan video terbaik. Ditambah lagi fitur image stabilization, pastinya hasil gambar bisa semakin tajam. Harganya pun cukup terjangkau, kisaran 2 sampai 3 jutaan.

3. Sony ZV-1

Sony memang dikenal karena keunggulan kameranya. Salah satu yang dapat digunakan untuk menghasilkan video berkualitas tentunya Sony ZV-1. Bagi para pemula, kamera ini juga sangat cocok digunakan.

Dilengkapi dengan fitur focus tracking eye AF. Fitur ini berfungsi untuk mengunci objek agar tetap fokus. Selain itu, Sony ZV-1 juga memiliki input mikrofon eksternal yang mampu menangkap suara berkualitas tinggi.

Ada beberapa fitur lainnya yang bisa membantu videografer untuk proses perekaman. Di antaranya seperti fitur S-Log2, filter ND, dan kontrol sensitivitas AF. Kamera ini dibandrol dengan kisaran harga 9 jutaan.

4. Fujifilm X-E4

Kamera lain yang dilengkapi dengan lensa mumpuni untuk membuat videografi adalah Fujifilm X-E4. Menggunakan ukuran lensa 21,6MP, pastinya dapat menghasilkan video berkualitas.

Selain itu, hasil rekaman video menggunakan kamera ini juga memiliki kualitas UHD 4K dan DCI dengan frame rate hingga 30fps. Fujifilm X-E4 dapat dimiliki dengan kisaran harga 12 jutaan.

5. Panasonic Lumix

Rekomendasi terakhir ada Panasonic Lumix seri DMC-LX10. Kamera ini dilengkapi sensor lensa 20,1MP dan dapat merekam video berkualitas UHD 4K dengan frame rate 30fps. Spesifikasi kamera tersebut pastinya akan menghasilkan video yang sangat berkesan dan jernih.

Selain itu, Panasonic Lumix DMC-LX10 ini juga memiliki lensa jenis Leica DC Vario Summilux dengan frame per 1.4-2.8 yang mampu membidik objek dengan sempurna dalam rentang 3 kali zoom saja.

Keunggulan lain dari kamera ini adalah sudah dilengkapi Wi-Fi sehingga dapat memudahkan dalam mentransfer hasil video secara praktis. Panasonic Lumix DMC-LX10 ini dijual dengan kisaran harga 9 jutaan.

Itulah beberapa kamera yang bagus untuk videografi, lengkap dengan kisaran harganya. Untuk mendapatkan hasil video yang berkualitas dan profesional, ada baiknya menentukan terlebih dahulu konsep video apa yang ingin dihasilkan.

Hal tersebut dapat membantu dalam memilih jenis kamera yang tepat sehingga mampu menghasilkan videografi berkualitas tinggi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button