Teknologi

Alasan dan Solusi Mengapa Play Store Tidak Bisa Mendownload Aplikasi yang Ampuh dan Efisien

Satu masalah yang sering hadir di kalangan pengguna smartphone adalah mengapa play store tidak bisa mendownload aplikasi yang tentu menghambat aktivitas dan pekerjaan. Tidak hanya aplikasi, tetapi juga layanan play store lainnya yang seharusnya dapat dikerjakan playstore dengan baik. Hal ini tentu menyulitkan pengguna dan menghambat aktivitas.

Permasalahan play store yang tidak bisa mendownload aplikasi maupun item-item di dalamnya bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika masalah ini muncul. Simak penjelasan mengenai alasan-alasannya berikut ini.

Alasan Mengapa Play Store Tidak Bisa Mendownload

Banyak alasan mengenai play store yang gagal melakukan tugasnya. Dimulai dari yang paling mendasar yaitu ketersediaan jaringan yang baik. Pekerjaan play store ini bersifat online, maka jelas membutuhkan jaringan.

Selanjutnya, apakah perangkat kompatibel dengan aplikasi. Biasanya perangkat yang belum terupgrade tidak dapat mendownload beberapa aplikasi play store. Selain dua alasan tadi, pesan-pesan error ketika gagal mendownload sebenarnya sudah menjelaskan masalah yang terjadi.

Biasanya muncul “Ruang penyimpanan penuh”, yang berarti perangkat pengguna tidak memiliki cukup ruang untuk aplikasi tersebut. Hal ini harus diperhatikan sebelum mendownload. Untuk solusi dari permasalahan tersebut dapat disimak dibawah ini.

Solusi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload

Setelah mengetahui alasan-alasan dibalik mengapa play store tidak bisa mendownload, pasti lebih mudah untuk menentukan solusinya. Pelajari masalah-masalah yang terjadi untuk menentukan solusi yang tepat sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Berikut adalah solusi dari mengapa playstore tidak bisa mendownload yang ampuh dan efisien:

1. Kesalahan pada Jaringan

Jika masalah tersebut terjadi maka yang harus dilakukan adalah mengecek jaringan pada perangkat. Apakah jaringan tersebut normal dan cukup kuat untuk melakukan download atau tidak. Jika belum, perangkat harus mendekat pada pusat jaringan atau pengguna juga dapat beralih ke data seluler.

 2. Perangkat Belum Upgrade

Masalah ini terjadi karena kesalahan data atau sistem pada perangkat atau play store. Ketika pesan error yang muncul menyatakan bahwa perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi, hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan data di Google Play Store dan Google Play Service. Selain itu, juga dapat melakukan penghapusan pembaharuan di Google Play Store dan Google Play Service.

Dengan cara tersebut, pengguna telah menghilangkan pembaharuan-pembaharuan yang tidak cocok untuk perangkat, sehingga dapat melakukan pekerjaannya dengan lancar. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaharui sistem operasi yang berjalan.

 3. Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan yang penuh seringkali menjadi masalah mengapa play store tidak bisa mendownload aplikasi. Untuk menyelesaikannya, sebelum mendownload pengguna harus memperhatikan besar muatan aplikasi tersebut.

Kemudian perhatikan ruang kosong pada perangkat. Jika muatan aplikasi lebih kecil, dapat dipastikan download akan berhasil. Jika ruang kosong yang lebih kecil dari muatan aplikasi, maka pengguna harus menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak berguna lainnya sampai ruang kosong bertambah dan cukup  untuk aplikasi tersebut.

Jika masih tidak cukup, sebaiknya carilah aplikasi yang memiliki fungsi sama namun bermuatan lebih kecil.

Itulah tadi penjabaran dari alasan dan solusi mengapa play store tidak bisa mendownload aplikasi. Semoga solusi-solusi tadi berguna dan dapat membantu para pengguna yang memiliki masalah tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button