6 Aplikasi Pengolahan Database Terbaik yang Wajib Dicoba

aplikasi pengolahan database

Aplikasi pengolahan database merupakan suatu perangkat untuk memproses pengolahan suatu data yang lebih terstruktur sehingga efektif. Ketika sektor yang akan diproses besar, maka sistem tersebut tentunya memerlukan sebuah sistem serta database server yang bagus dan tepercaya.

Keberadaan database sendiri sangat penting untuk suatu proses management. Salah satu manfaatnya yakni untuk memastikan bahwa data tersebut akan tersimpan secara sistematis. Berikut ini beberapa apk pengolah database untuk diketahui:

1. MySQL

Aplikasi pengolahan database yang pertama yakni ada MySQL. Apk satu ini dikembangkan oleh suatu perusahan yang memiliki sifat open source, sehingga dapat didapatkan secara gratis. Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini.

Beberapa kelebihan dari apk ini diantaranya bisa meningkatkan masukan data. Selain itu juga memiliki skalabilitas yang terbilang baik. Ruang atau kapasitas penyimpanan bisa ditambah hingga mencapai 1 TB. Cukup besar sekali bukan?

MySQL ini juga mendukung berbagai bahasa pemrograman diantaranya perl, PHP, Eiffel dan masih banyak lagi. Jika membicarakan masalah keamanan, apk ini tidak perlu diragukan lagi. Apk ini memiliki sistem keamanan yang baik yang mana pengguna bisa menggunakan password.

2. Microsoft SQL Server

Proyek yang besar tentunya membutuhkan database yang bagus dan stabil dalam memproses data. Salah satu fitur yang menarik dalam apk ini adalah memory optimized temDB metadata yang memiliki tugas memastikan kecepatan pengolahan database.

Ketika pengguna berencana untuk meningkatkan kapasitas data proyek, apk satu ini mempunyai skalabilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek. Dalam Microsoft SQL Server ini akan memudahkan seseorang dalam mengelompokkan jenis data, baik itu data pribadi maupun publik.

3. MariaDB

Aplikasi pengolahan database yang selanjutnya yakni ada MariaDB. MariaDB ini bisa didapatkan secara gratis karena bersifat open source. Mengenai skalabilitas dari apk ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan salah satu fitur di dalamnya, penambahan kapasitas sangat dimungkinkan.

Database ini juga mempunyai kompresi kolom 10 kali sehingga akan mempermudah dalam melakukan proses serta analisis data yang berukuran besar. Di dalam MariaDB ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih.

4. Oracle

Banyak orang yang sudah mencoba aplikasi database satu ini. Salah satu alasan banyak orang menyukainya adalah karena memiliki performa serta kinerja yang bagus. Selain itu, kecepatan dalam pemrosesan data juga tidak perlu diragukan lagi.

Ketika seseorang sedang membuat suatu proyek dengan orang lain dan membutuhkan pengolahan database, apk ini adalah solusinya. Oracle sendiri memiliki ciri multi-user, yang dapat dipakai bersama-sama dengan beberapa user. Walaupun bisa dipakai bersama, pengguna tidak perlu khawatir dengan penyimpanannya.

5. PostgreSQL

Aplikasi pengolahan database yang ke-5 ini juga tidak kalah menarik. Sistem keamanan sangat terjamin menjadi alasan mengapa banyak yang memilih aplikasi ini. Selain itu, apk ini juga bisa merespon suatu permintaan dari perangkat lunak.

Salah satu fitur yang bernama MVCC berfungsi untuk memastikan data agar tetap konsisten. Dengan demikian, ketika suatu data dikembangkan, user lain tetap bisa melihat perkembangan data tersebut. Para pengguna bisa melihat versi sebelumnya dan yang terbaru setelah data diupdate.

Itulah 5 aplikasi pengolahan database yang bagus untuk pengguna dalam mengolah data. Dalam memilih aplikasi, sebaiknya pengguna tetap melihat keamanan. Hal tersebut untuk melindungi data-data atau file penting yang ada dalam perangkat laptop maupun ponsel. Tertarik mencoba?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.