Bank

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Bank BTPN, Efektif Cepat Ditanggapi 

Bagi nasabah Bank BTPN yang mengalami penipuan online dan tengah mencari keadilan. Tidak perlu khawatir, karena para nasabah bisa melakukan cara melaporkan penipuan online ke Bank BTPN agar ada tindak pengamanan rekening dari bank.

Namun, karena merupakan tindakan yang krusial pihak Bank BTPN tidak bisa begitu saja memproses laporan. Para nasabah perlu membuat laporan dengan rinci dengan bukti yang kuat. Hal ini agar laporan semakin efektif dan cepat ditanggapi.

Berikut ini adalah berbagai hal yang perlu dilakukan untuk membuat laporan yang efektif ke pihak Bank BTPN. Jadi, laporan yang masuk bisa segera diproses.

Hal yang Harus Disiapkan Agar Laporan Cepat Ditanggapi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, agar lebih cepat diproses bukti penipuan harus kuat. Dengan begitu, pihak bank bisa melihat urgensi dilakukan tindakan yang dibutuhkan. Tidak semua dokumen bisa menjadi bukti yang kuat untuk kasus penipuan online.

Karena itu, berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan dan bisa menjadi bukti tindak penipuan online.

  • KTP dari korban yang ditipu oleh pihak penipu online.
  • KTP dari pelaku penipuan online (jika ada).
  • Bukti berupa percakapan dari aplikasi perpesanan atau rekaman telepon ketika sedang berkomunikasi.
  • Nomor rekening miliki pelaku penipuan online.
  • Bukti barang yang merupakan hasil dari penipuan online.
  • Struk atau tanda bukti pembayaran yang dikirimkan pada penipu.
  • Alamat email dari penipu atau akses lain untuk menghubungi pelaku penipuan.

Langkah pertama korban penipuan adalah mengumpulkan bukti-bukti di atas. Tidak perlu lengkap salah satunya saja cukup. Namun yang paling penting adalah bukti percakapan dan tanda bukti pembayaran transaksi yang sudah dilakukan.

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Bank BTPN

Setelah bukti yang dibutuhkan terkumpul, korban bisa langsung melakukan pelaporan ke pihak Bank BTPN. Untuk memudahkan akses nasabah, Bank BTPN sudah menyediakan berbagai akses di bawah ini yang bisa digunakan para korban untuk pelaporan.

1. Melaporkan Melalui Call Center

Menelepon Call Center adalah cara tercepat dan terbilang paling cepat responnya dibandingkan akses yang lain. Ada beberapa nomor call center yang bisa dihubungi para nasabah Bank BTPN yang mengalami penipuan. Berikut adalah nomor call centernya:

  • BTPN Care – 1500 300.
  • BTPN Care Untuk Nomor XL – 08176500300.
  • BTPN Care Untuk Nomor Telkomsel – 08116500300.

Para nasabah tinggal menelepon dan menghubungkan langsung pada customer service Bank BTPN. Jelaskan secara lisan dan jelas mengenai kasus penipuan online yang terjadi. Jangan lupa tekankan, bahwa sudah ada bukti yang akan memperkuat kasus.

2. Melaporkan Melalui Email Bank BTPN

Respon dari email Bank BTPN juga cukup cepat dan kelebihannya para nasabah bisa langsung mengirim bukti yang dikumpulkan. Jadi, pihak Bank BTPN lebih cepat memberikan respon dan melakukan langkah pencegahan. Berikut adalah caranya:

  • Buka kolom untuk membuat email baru pada aplikasi email.
  • Tunjukan email pada alamat [email protected] atau [email protected] bagi pemilik rekening Jenius.
  • Beri subjek Laporan Penipuan Online.
  • Jelaskan kasus penipuan online yang menimpah.
  • Gunakan fitur attachment untuk melampirkan bukti-bukti yang sudah dikumpulkan.

Setelah email dikirim, respon bisa didapatkan kurang dari 24 jam. Hal ini juga tergantung kelengkapan dokumen yang diberikan oleh para nasabah.

Dengan cara melaporkan penipuan online ke Bank BTPN di atas. Para nasabah BTPN bisa semakin aman dalam bertransaksi. Karena ada perlindungan yang diberikan oleH Bank BTPN pada setiap nasabahnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button