Inilah Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus, Wajib Tahu!

cara memilih headset bluetooth yang bagus

Berniat membeli headset bluetooth? Perhatikan cara memilih headset bluetooth yang bagus agar tidak salah pilih sehingga menyesal di kemudian hari. Headset bluetooth memiliki keunggulan sendiri, sehingga harganya lebih tinggi dari headset biasa, makanya penting untuk teliti sebelum membeli.

Headset menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari karena bisa mendengarkan audio dari smartphone tanpa terdengar oleh orang lain. Ada banyak jenis headset yang bisa ditemui, seperti headphone, handsfree, earphone dll. Berikut cara yang dapat diterapkan:

1. Ketahanan Baterai

Cara pertama yang harus diperhatikan saat hendak membeli headset bluetooth yakni daya tahan baterainya yang mampu bertahan sepanjang hari. Pilihlah headset bluetooth yang memiliki kapasitas baterai besar agar tidak cepat habis saat digunakan.

Jika kapasitas baterainya kecil, maka akan sering mengisi dayanya dan tentu akan merepotkan, bukan? Daya tahan baterai yang lama juga tidak akan membuat khawatir saat bepergian jauh meski tidak membawa charger headsetnya.

2. Suara yang Dihasilkan

Dalam memilih headset bluetooth berkualitas, suara yang baik menjadi hal yang harus diperhatikan. Headset bluetooth yang bagus memiliki suara jernih dan tidak menimbulkan sakit pada gendang telinga.

Namun, perlu diingat bahwa setiap merk memiliki kualitas berbeda tergantung tujuan penggunaannya. Apabila tujuan utamanya bukan pada kualitas suara, cobalah untuk membeli headset yang lebih murah tanpa fitur-fitur canggih yang bisa dipilih di dalamnya.

3. Kualitas Microphone

Cara memilih headset bluetooth yang bagus yakni terdapat microphone di dalamnya. Microphone berperan penting saat menjawab panggilan telepon atau saat hendak melakukan perekaman suara. Kualitas microphone yang buruk akan menghambat komunikasi dengan lawan bicara.

Sebaliknya, jika headset bluetooth dilengkapi dengan microphone yang berkualitas tinggi, tentu akan menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan jelas, sehingga hal ini dapat membuat komunikasi dengan lawan bicara menjadi lebih mudah.

4. Sesuaikan Ukuran Earbuds

Berikutnya, langkah penting memilih headset bluetooth yang bagus adalah dengan mempertimbangkan ukuran earbuds-nya. Setiap headset bluetooth memiliki ukuran earbuds yang berbeda-beda, jangan asal memilih headset dengan ukuran earbuds yang tidak sesuai, ya! Ini akan membuat telinga menjadi sakit.

Carilah headset bluetooth yang memiliki jenis dan ukuran earbuds yang nyaman saat menggunakannya. Pilihlah headset bluetooth yang memiliki bantalan karet lembut dan lentur agar telinga tidak sakit meskipun menggunakan headset untuk waktu yang cukup lama.

5. Perhatikan Konektivitas

Pilihlah headset yang sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth versi 5.0 agar dapat menjangkau konektivitas yang lebih jauh dari versi sebelumnya. Konektivitas yang baik akan memudahkan saat proses penyambungan dengan perangkat, tentu saja dapat menghemat waktu kan?

Bluetooth seri 5.0 pada headset bluetooth dapat mengirimkan data empat kali lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya tanpa adanya gangguan. Semakin cepat konektivitasnya maka proses loading pun akan semakin berkurang meskipun saat hendak menjawab panggilan telepon.

Itulah beberapa info tentang cara memilih headset bluetooth yang bagus, yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena teliti sebelum membeli itu lebih baik daripada menyesal karena memiliki barang yang tidak sesuai harapan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.