Bank

Ketahui Cara Cek Nomor Rekening di ATM dan Fungsinya

Ingin tahu bagaimana cara cek nomor rekening di ATM saat ini? Caranya cukup mudah dan sangat sederhana, nasabah hanya perlu mengunjungi ATM dan memprosesnya. Nah, bagi yang ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya, simak berikut ini ulasannya, yaitu:

Mengenal Apa Itu Nomor Rekening

Biasanya saat akan melakukan transaksi perbankan, nasabah akan dimintai nomor rekening. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan nomor rekening tersebut? Merupakan beberapa angka-angka yang dipakai untuk melakukan penarikan atau pun penyetoran uang.

Angka-angka yang dimiliki oleh tiap nasabah pun berbeda-beda. Hal tersebut sengaja dibuat berbeda dengan menggunakan angka dengan nomor yang unik. Membuat antar nasabah satu dengan nasabah lainnya dapat dengan mudah dibedakan.

Cek Nomor Rekening di ATM

Untuk memudahkan transaksi para nasabahnya, kini setiap bank sudah dilengkapi dengan mesin ATM. Fungsi ATM sendiri cukup lengkap, salah satunya untuk cek nomor rekening. Sehingga nasabah tidak perlu lagi repot datang ke bank.

Pasalnya nomor rekening seringkali terlupakan oleh nasabah sehingga membutuhkan alternatif lain untuk mengetahuinya. Sekarang dengan beredarnya ATM di setiap tempat, maka nasabah bisa melakukannya dimanapun. Berikut cara cek rekening di ATM, yaitu:

  • Pastikan telah membawa kartu ATM.
  • Selanjutnya, masukkan kartu ATM dengan menginputkan PIN.
  • Jika sudah, lihat menu cek saldo dan nomor rekening yang ditampilkan, selesai.

Sangat mudah bukan untuk mengetahui berapa nomor rekening yang nasabah miliki? Cukup mencari tahu dan mengunjungi ATM terdekat saja. Nasabah tidak perlu meluangkan waktu untuk sekedar mengunjungi bank terdekat dan melakukan antri pastinya.

Fungsi Cek Nomor Rekening

Ketika melakukan cek nomor rekening, para nasabah tentu melakukannya karena suatu alasan. Artinya ada keperluan lain yang membuat nasabah melakukan hal tersebut. Mengingat nomor rekening yang mempunyai banyak fungsi, seperti:

1. Syarat dalam pengajuan perbankan

Nomor rekening yang nasabah miliki mempunyai banyak fungsi, salah satunya sebagai syarat pengajuan perbankan. Contohnya ketika nasabah ingin menggunakan layanan internet banking.Hal pertama yang akan diminta adalah nomor rekening nasabah.

2. Alat metode pembayaran

Fungsi lainnya dari nomor rekening yang harus nasabah ketahui, yaitu sebagai alat metode pembayaran. Nasabah bisa menggunakan nomor rekening sebagai tujuan transaksi pembayaran. Dengan begitu sejumlah dana pun bisa masuk ke dalam rekening tabungan.

3. Media transaksi perbankan

Nomor rekening yang dimiliki oleh para nasabah sebenarnya mempunyai fungsi sebagai media. Perantara yang dapat menghubungkan berbagai transaksi perbankan. Istilah lainnya, nomor rekening tersebut dipakai sebagai alat untuk melakukan berbagai kegiatan keuangan.

4. Syarat peminjaman kredit.

Untuk bisa mengajukan pinjaman atau pun kredit barang, nasabah akan diminta untuk melengkapi nomor rekening. Tujuannya agar pihak peminjam dapat langsung memotong dana dari rekening tabungan nasabah. Jadi secara otomatis, cicilan pun akan langsung ditarik dari nomor rekening.

5. Untuk Pengajuan Program Perbankan

Setiap bank biasanya akan menghadirkan program atau pun pengeluaran produk. Nah, untuk ikut serta dalam program perbankan, nasabah bisa memberikan nomor rekening. Hal ini tentu sebagai bukti identitas dari nasabah bank terkait.

Berdasarkan fungsi yang telah disebutkan, nomor rekening tentu mempunyai peranan yang penting. Sejumlah angka tersebut dibuat tentu dengan maksud tertentu. Jadi bukan angka sembarangan yang dibuat secara asal oleh pihak bank tentunya.

Itulah penjelasan cek nomor rekening di ATM beserta dengan ulasan terkait lainnya. Sekarang nasabah tidak perlu bingung lagi mencari tahu nomor rekening, apabila kehilangan buku tabungan. Pasalnya ATM saat ini juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk mengetahuinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button