Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI, Tidak Perlu ke Bank 

menonaktifkan sms banking bri

Walaupun sangat bermanfaat untuk berbagai layanan perbankan, namun ada beberapa nasabah BRI yang memilih untuk menonaktifkan SMS banking BRI. Tentu saja, para nasabah Bank BRI memiliki hak sepenuhnya untuk mematikan layanan ini.

Lagipula, mematikan layanan SMS banking BRI menjadi pilihan yang tepat, dibandingkan membiarkan layanan tersebut tidak terpakai dan sia-sia diaktifkan. Selain itu, untuk menonaktifkan layanan ini caranya tidak sulit, bahkan tidak perlu datang ke bank.

1. Nonaktifkan Melalui Mesin ATM BRI

Para nasabah BRI tidak perlu datang ke kantor cabang untuk menonaktifkan SMS banking BRI. Para nasabah bisa melakukannya di mesin ATM BRI terdekat saja dan layanan bisa langsung mati.

Perlu diperhatikan, bahwa mesin ATM yang digunakan harus mesin ATM BRI, bukan mesin ATM Bersama atau mesin ATM lain yang berafiliasi dengan BRI. Walaupun, kartu ATM bisa diidentifikasi oleh mesin ATM tersebut.

Namun, layanan untuk menonaktifkan SMS banking tidak akan tersedia. Jika, para nasabah sudah menemukan ATM yang dimaksud, silahkan simak uraian langkah berikut ini:

  • Masukkan Kartu ATM ke dalam mesin dan masukkan akses Pin ATMnya.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan pilih ‘Transaksi Lain’ di tampilan pertama.
  • Pilih opsi ‘Registrasi’ di pilihan yang muncul sebelumnya.
  • Pada pilihan yang tersedia, para nasabah bisa memilih opsi ‘SMS Banking’.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Hentikan’ pada pilihan sebelumnya.
  • Konfirmasi pilihan dengan memasukkan Pin dari SMS banking yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi pada layar bahwa layanan SMS Banking berhasil dinonaktifkan untuk kartu dan nomor nasabah.

Nasabah akan menerima struk pemberitahuan dari mesin ATM bahwa layanan SMS banking sudah dihentikan. Begitu juga pada nomor nasabah akan masuk SMS bahwa SMS banking sudah dihentikan dan tidak bisa digunakan lagi.

Mulai saat itu, nomor HP yang para nasabah gunakan tidak memiliki akses lagi pada rekening para nasabah. Transaksi Pun tidak bisa dilakukan melalui SMS banking, namun para nasabah masih bisa melakukan transaksi melalui metode lain.

2. Nonaktifkan Melalui Call Center

Mungkin saja, di dekat nasabah tidak ada mesin ATM BRI yang bisa digunakan. Jangan khawatir, ada cara yang lebih praktis lagi untuk menonaktifkan layanan SMS banking BRI. Caranya dengan menghubungi call center BRI secara langsung untuk melakukan penonaktifan.

Pastikan para nasabah memiliki pulsa yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Karena call center BRI biasanya tidak bebas pulsa. Setelah itu, bisa langsung menerapkan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka fitur panggilan pada ponsel.
  • Melakukan panggilan ke nomor 14017 atau 1500017 sesuai keinginan para nasabah.
  • Ikuti instruksi dari mesin penjawab pada nomor tersebut.
  • Pilih opsi agar para nasabah bisa terhubung langsung dengan customer services.
  • Setelah itu, jelaskan pada customer services yang bertugas bahwa Anda ingin menghentikan layanan SMS banking pada nomor Anda.
  • Berikan data yang diminta oleh customer services.
  • Setelah itu, konfirmasi bahwa nasabah memang ingin menghentikan layanan SMS banking.

Sebelum telepon ditutup, customer services akan memastikan lagi bahwa layanan SMS banking sudah ditutup. Para nasabah akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa layanan SMS banking sudah tidak bisa digunakan lagi dan telah terputus dari rekening BRI.

Ternyata cara menonaktifkan SMS banking BRI sangat mudah dan cepat. Para nasabah tidak perlu mendatangi ke kantor cabang untuk melakukannya. Bisa dilakukan sendiri melalui ATM atau panggilan ke customer services dari rumah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.