Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Ternyata Mudah!

cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi

Untuk mengelola keyboard yang tidak berfungsi cukup sederhana , bisa jadi karena hanya kesalahan teknis sesaat. Bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi? Perlu diketahui bahwa sebenarnya cara yang perlu dilakukan ini sangat mudah dan bisa dicoba sendiri.

Sebagai langkah awal, maka bisa menyelidiki penyebab keyboard di laptop tidak berfungsi. Bawa laptop ke ahlinya jika masalahnya serius. Ada beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak sebelum memanggil seorang profesional.

1. Restart

Keyboard yang tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh berbagai hal, sebagai contoh PC yang terkunci, gangguan jaringan jarak jauh, konsol yang terlepas, atau masalah produk atau driver.

Restart laptop adalah hal pertama yang harus dicoba jika mengalami masalah keyboard. Ini dimungkinkan pada windows atau mac. Intinya adalah yang diperlukan untuk memulihkan laptop hanyalah menghabiskan memori komputer dan juga perlu memulai ulang semua program, driver, dan utilitas.

2. Bersihkan keyboard

Dalam beberapa kasus, masalah yang dianggap signifikan akhirnya menjadi masalah biasa seperti keyboard yang kotor. Maka dapat melihat apakah ada kotoran di keyboard jika sebagian tidak berfungsi.

Pembersihan mulai dengan sedikit kuas atau bahan microfiber dan bersihkan keyboard. Kotoran harus dihilangkan dari bawah atau di antara penutup tombol.

Selain itu, pengguna juga perlu menggunakan kain yang telah diberi alkohol, lalu gosok dengan lembut dan menyeluruh. Pastikan keyboard benar-benar bersih untuk kapasitas maksimal.

3. Konfirmasi Masalah

Sebelumnya pengguna dapat menentukan apakah masalah keyboard serius atau tidak. Untuk memastikan bahwa pengguna harus dapat mengeceknya. Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya yaitu mencari kepastian konfirmasi masalah.

Pada layar choose an option, pilih troubleshoot. Kemudian, pada layar troubleshoot, silahkan pengguna pilih terkait dengan menu advanced options. Kemudian pada advanced options, pilih command prompt .

4. Mengecek Pengaturan Keyboard

Sebaiknya cek pula pengaturan keyboard di laptop. Petunjuk langkah demi langkah adalah sebagai berikut ini.

  • Ketik gadget manager di kotak pengejaran, lalu klik saat muncul
  • Klik baut ke satu sisi konsol untuk membuka segmen itu
  • Klik kanan konsol di daftar gadget dan pilih uninstall gadget
  • Reboot PC dan windows akibatnya membedakan konsol PC dan memperkenalkan driver terbaru.

Periksalah juga pengaturan dari laptop yang sedang digunakan sekarang. Cara memeriksa pengaturan pada keyboard MacBook yaitu sebagai berikut :

  • Klik logo Apple di kiri atas layar dan pilih framework inclinations
  • Klik ketersediaan
  • Melayang ke bawah pada lembar rute di sebelah kiri dan jepret konsol
  • Empower slow key, lalu hilangkan centang pada pilihan

5. Gunakan Keyboard Eksternal

Jika keyboard laptop terus tidak berfungsi, maka dapat menyambungkan keyboard USB eksternal. Keyboard ini akan berfungsi dengan baik dalam banyak kasus. Memanfaatkan keyboard sambil menunggu seorang ahli menangani laptop itu sangat berguna.

6. Perbarui Driver

Jika keyboard tidak berfungsi,maka dapat mencoba memperbarui driver. Menurut Livewire, keyboard tersebut kini dapat digunakan kembali berkat driver baru tersebut.

7. Nonaktifkan Filter

Cara menonaktifkan filter ini berguna saat berhadapan dengan keyboard yang mana hal ini hanya berfungsi sebagian. Tombol tempel, filter, dan alihkan dapat dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkan sakelar, filter, dan tombol lengket, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Papan Ketik. Sebagai alternatif, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Papan Ketik, lalu nonaktifkan saklar, filter, dan tombol lengket.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Pentingnya laptop jika memang benar-benar membutuhkannya. Setelah mencoba cara cara diatas maka mungkin sudah jelas ciri-ciri keyboard yang hanya rusak sesaat hingga masih bisa aktif dalam dunia pengetikan. Tidak perlu cepat-cepat ke service center.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.