Bank

Bagaimana Mengetahui Masa Aktif Rekening Mandiri? Begini Cara Mudahnya!

Setiap produk memiliki masa berlaku ataupun masa aktif, tak terkecuali produk rekening yang dikeluarkan oleh bank Mandiri. Biasanya, masa aktif rekening ditentukan oleh intensitas transaksi. Lantas, berapa masa aktif rekening Mandiri? Bagaimana pula cara untuk mengetahui keaktifan rekening secara pasti?

Pembahasan kedua topik tersebut akan diulas secara rinci. Simak ulasannya pada uraian di bawah ini:

Berapa Lama Masa Aktif Rekening Mandiri?

Pada dasarnya, masa aktif rekening bank Mandiri ditentukan oleh intensitas aktivitas transaksi nasabah. Hal tersebut berarti rekening akan tetap aktif selama nasabah menggunakan rekening secara rutin. Misalnya, untuk melakukan transfer ke sesama bank Mandiri ataupun bank lainnya serta menerima transfer.

Penonaktifan rekening akan terjadi apabila pihak bank Mandiri tidak menemukan adanya transaksi di rekening yang dimaksud selama 6 bulan. Nasabah juga bisa meminta rekening untuk dinonaktifkan, entah karena mengalami kehilangan kartu ATM atau karena alasan lainnya.

Keaktifan rekening juga ditentukan oleh banyaknya jumlah dana yang tersimpan di dalam rekening. Selama menyimpan dana yang cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan, maka rekening masih aktif dan dapat dipergunakan. Jadi, apabila tidak ada dana, rekening akan nonaktif dengan sendirinya.

Cara Mengetahui Keaktifan Rekening Mandiri

Barangkali nasabah lupa kapan terakhir kali melakukan transaksi pada rekening Mandiri yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan pengecekan apakah rekening masih aktif atau tidak. Pengecekan berfungsi untuk menghindari kegagalan transaksi yang hendak dilakukan.

Cara untuk mengecek keaktifan rekening Mandiri ada 3 macam. Rincian masing-masing caranya dapat disimak dan dicermati pada uraian berikut:

1. Cara Mengecek Keaktifan Rekening Mandiri Melalui Call Center Mandiri

Cara termudah untuk mengecek masa aktif rekening Mandiri adalah dengan menghubungi call center yang dinamakan Mandiri Call. Layanan tersebut dapat diakses pada nomor 14000. Hubungi nomor tersebut apabila ingin mengecek status keaktifan rekening Mandiri. Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pertama, bukalah menu Panggilan di smartphone.
  • Kemudian, ketikkan “14000” dan tekan tombol “Panggil”.
  • Setelah itu, akan terhubung dengan petugas Mandiri Call. Biasanya petugas akan menanyakan nomor rekening supaya dapat dilakukan pengecekan.
  • Sebutkan nomor rekening yang dimiliki. Lalu, pengecekan dilakukan.
  • Petugas pun akan memberitahukan status rekening kepada nasabah.

2. Cara Mengecek Keaktifan Rekening Mandiri Melalui Kantor Cabang Mandiri

Alternatif kedua mengetahui masa aktif rekening Mandiri yaitu dengan mendatangi kantor cabang Mandiri. Cara ini bisa dilakukan seandainya gagal menghubungi Mandiri Call ataupun memiliki waktu lebih untuk mengurus rekening secara langsung.

Sebelum mendatangi kantor cabang Mandiri, perlu mempersiapkan beberapa dokumen. Dokumen tersebut antara lain:

  • Buku rekening tabungan Mandiri.
  • Kartu ATM Mandiri.
  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Setelah itu, langsung hubungi kantor cabang Mandiri. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Tuju kantor cabang dengan membawa dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  • Kemudian, ambil nomor antrian layanan customer service.
  • Lantas, ketika nomor antrian telah dipanggil, datangi meja customer service dan sampaikan maksud tujuan, yakni melakukan pengecekan keaktifan rekening.
  • Petugas customer service akan meminta dokumen persyaratan dan biasanya menanyakan beberapa hal untuk mencocokkan data.
  • Berikan dokumen yang diminta atau dibutuhkan dan jawab pertanyaan sebagaimana mestinya.
  • Tunggu hingga customer service selesai melakukan pengecekan dan memberitahukan status keaktifan.
  • Apabila rekening telah nonaktif dan ingin diaktifkan kembali, dapat disampaikan langsung ke petugas supaya diarahkan untuk menjalankan prosedurnya.

Demikian ulasan mengenai masa aktif rekening Mandiri beserta cara mengeceknya. Jika rekening rutin digunakan dan ada dana, maka statusnya akan tetap aktif. Namun, apabila telah lama tak digunakan, maka sebaiknya hubungi Mandiri Call atau mendatangi kantor cabang Mandiri untuk memastikan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button