Bank

Syarat Buka Rekening BCA TabunganKu dan Ketentuan yang Perlu Disetujui Nasabah

Untuk membuka rekening, ada berbagai syarat buka rekening BCA TabunganKu yang perlu diketahui calon nasabah. Persyaratan yang diberikan juga tergantung dari usia calon nasabah, dan siapa yang mewakilkan apabila di bawah umur. Selain itu, ada ketentuan yang juga perlu disetujui.

BCA TabunganKu merupakan program dari pemerintah berupa kemudahan dalam membuat tabungan, tanpa adanya biaya administrasi. Tujuan dari program tersebut adalah sebagai jalur yang mudah bagi masyarakat yang belum memiliki tabungan. Selain BCA, berbagai bank lainnya juga menerapkan program ini.

Syarat Membuka Rekening BCA TabunganKu

Kemudahan dari membuat rekening BCA TabunganKu adalah persyaratannya yang tidak memandang usia. Siapapun diperbolehkan untuk membuatnya, namun bukan berarti tabungan dapat dibuat dengan bebas. Berikut penjelasan lengkap dari syarat buka rekening BCA TabunganKu:

1. Untuk Nasabah Di Atas Usia 17 Tahun

Bagi yang berusia di atas umur, BCA hanya memberikan dua persyaratan yang seharusnya dapat dipenuhi dengan mudah. Calon nasabah hanya membutuhkan kartu identitas berupa KTP atau Paspor, serta NPWP.

Apabila tidak memiliki NPWP, maka calon nasabah perlu memberikan Surat Pernyataan tanpa memiliki NPWP. Umumnya, mahasiswa dan ibu rumah tangga masih belum memiliki NPWP, sehingga tentunya masih diperbolehkan.

2. Untuk Nasabah Berusia 12 – 17 Tahun Yang Diwakilkan

Bagi yang masih bersekolah di tingkat menengah atau atas, calon nasabah harus ada yang mewakilkan. Wakil dari nasabah dapat berupa orang tua atau wali, jika anak tidak memiliki orang tua. Berikut persyaratannya:

  • Surat keterangan dari pihak sekolah, atau kartu identitas pelajar.
  • Kartu identitas dan NPWP orang tua atau wali kalau ada, tergantung siapa yang mewakilkan.
  • Khusus bagi yang tidak memiliki orang tua, akan membutuhkan surat pengangkatan wali dari pengadilan.
  • Formulir dari nasabah perorangan yang diisi oleh yang mewakili anak.
  • Surat persetujuan orang tua atau wali.

3. Untuk Nasabah Di Bawah Usia 12 Tahun Yang Diwakilkan

Bagi yang masih menginjakkan kakinya di sekolah dasar dan bawahnya, BCA juga masih memperbolehkan pendaftaran tabungan. Pendaftaran juga akan membutuhkan wakil dari orang tua atau wali. Berikut persyaratan yang perlu dipenuhi:

  • Akte kelahiran dari anak yang mendaftar, atau Kartu Keluarga.
  • Kartu identitas anak atau paspor.
  • Kartu identitas dan NPWP dari orang tua atau wali kalau ada, tergantung siapa yang mewakilkan.
  • Surat persetujuan orang tua atau wali.

Ketentuan Dalam Membuka Rekening BCA TabunganKu

Selain syarat buka rekening BCA TabunganKu, nasabah juga perlu mengikuti berbagai ketentuan yang sudah dibuat oleh bank. Pada umumnya, ketentuan yang dituliskan cukup panjang, namun ulasan ini akan memberikan rangkuman singkat. Adapun ketentuan yang perlu digaris bawahi adalah:

  • Nasabah memiliki status Warga Negara Indonesia yang sah. Rekening BCA TabunganKu juga hanya menerima mata uang Rupiah.
  • Meski biaya administrasi gratis, biaya setoran awal yang diperlukan dalam pembuatan rekening adalah Rp20.000,-. Namun untuk setoran selanjutnya, akan dikenakan biaya Rp10.000,-.
  • Nasabah hanya boleh membuka satu rekening BCA TabunganKu. Hal ini dapat menjadi pengecualian untuk wali yang membuat rekening atas nama anak, meski sudah memiliki rekening BCA sebelumnya.
  • Nasabah hanya dapat melakukan transaksi pemindahan atau penarikan sebanyak 4 kali dalam satu bulan. Selain itu, maksimal penarikan uang dari TabunganKu adalah Rp7.000.000,- per hari.
  • Perhitungan dari bunga yang akan ditambahkan ke rekening BCA TabunganKu, tergantung dari saldo rata-rata bulanan. Misalnya, apabila tabungan memiliki saldo di atas Rp1.000.000,-, maka suku bunga yang didapatkan adalah 1.50%.

Demikian berbagai syarat buka rekening BCA TabunganKu, serta ketentuan-ketentuan yang nasabah perlu setujui. BCA TabunganKu diharapkan dapat memberikan bantuan kepada masyarakat untuk menabung di bank. Silahkan kunjungi situs resmi BCA TabunganKu untuk penjelasan lebih lengkap.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button